Friday, November 18, 2011

Eyeing the Indonesian 26th SEA Games 2011

12 November 2011 | 21:12

Datuk Naim Mohamad

"Indonesia Bakal Sukses"



KONTINGEN Malaysia mengerahkan 891 atlet di SEA Games XXVI. Membidik 45 medali emas dari 38 cabang olahraga, mereka menjagokan Indonesia.

Hal itu diungkapkan Chief de Mission Malaysia Datuk Naim Mohamad kepada sportiplus.com di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat. Ia mengakui Indonesia sebagai kekuatan yang luar biasa di Asia Tenggara dan diyakini bakal tampil sebagai juara umum.

Berikut kutipan wawancara dengan Datuk Naim.

Bagaimana Anda melihat penyelenggaraan SEA Games XXVI?
Ya, ini kali pertama Indonesia menggelarnya di dua kota. Tentu tak gampang bagi Indonesia mengatur segala aspek dan fasilitas yang dibutuhkan. Tapi, saya melihat semua progres berjalan baik meski ada beberapa kekurangan di sana-sini. Terutama kelengkapan persyaratan venue, fasilitas, dan persiapan sarana media.

Kontingen Anda merasa tak nyaman?
Tentu tidak. Pelayanan yang diberikan tuan rumah kepada para tamunya, termasuk Malaysia, sudah cukup baik. Saya yakin Indonesia punya sumber daya manusia yang bisa diandalkan. Dan, saya yakin Indonesia akan sukses sebagai penyelenggara.

Seberapa besar kekuatan kontingen Malaysia?
Kami datang dengan 891 atlet dan ofisial. Kami tampil di 38 cabang olahraga. Kami tak ikut ambil bagian di cabang dragon boat, fin swimming, wrestling, vovinam, dan soft-tennis. Kami datang dengan misi ganda. Sebanyak 16 cabang diproyeksikan hanya sebagai menimba pengalaman. Sisanya pada sasaran prestasi menuju Olimpiade 2012 dan Asian Games.

Target yang dicanangkan?
Kami tak muluk-muluk. Kami cukup tahu diri melihat kekuatan yang kami miliki. Kami hanya membidik 45 medali emas. Target itu realistis karena kami menurunkan atlet yunior, sedangkan atlet senior lebih fokus pada persiapan Olimpiade 2012. Kami tak membawa atlet kelas dunia seperti di cabang bulutangkis, equestrian, dan balap sepeda seperti Azizul Hasni Awang. Atlet terbaik kami lainnya juga absen seperti Lee Hup (loncat tinggi) karena cedera, perenang seperti Daniel Bego yang menyambar lima medali emas pada SEA Games lalu. Tapi, Kami berharap di beberapa cabang terukur dapat memecahkan rekor nasional.

Cabang olahraga apa yang diandalkan Malaysia?
Akuatik diharap jadi kontributor medali terbesar dengan 14 emas dari cabang diving, renang, synchronise, dan polo air. Kemudian juga balap sepeda (5 emas), panahan, dan atletik masing-masing empat emas. Menembak, karate, dan boling masing-masing tiga medali emas. Silat, wushu, layar, tinju, dan sepakbola meski agak sulit, kami tetap targetkan emas.

Dua tahun lalu di Laos, timnas U-23 Malaysia menyambar medali emas. Bagaimana Anda mempertahankannya?
Tentu tidak mudah. Kami berada di grup maut bersama Indonesia, Thailand, Singapura, dan Kamboja. Thailand telah 13 kali juara, Indonesia dua kali juara, dan kami lima kali. Indonesia salah satu kandidat juara. Mereka tampil di negeri sendiri dan saya melihat penampilan mereka ketika melawan Kamboja. Tim sepakbola kami yang dilatih Ong Kim Swee butuh perkembangan. Tapi, kami akan berusaha mempertahankan medali emas yang kami raih di Laos.

No comments: